Minggu, 29 November 2020

Prototype Sistem Monitoring Air dan Cuaca pada Bendungan Update Twitter menggunakan Wemos D1 dan Sensor Ultrasonik #2

 Hai hai im back

sekarang kita bakal ngebahas mengenai apa saja komponen yang digunakan. \

1.Mikrokontroler Wemos D1


Wemos merupakan salah satu papan progam yang pengembangannya  kompatibel dengan aplikasi Arduino IDE yang dirancang khusus untuk keperluan IoT (Internet of Thing). Wemos menggunakan chip WiFi tipe ESP8266. Wemos memliki 11 I/Odigital, 1 analog input dengan tegangan maksimal 3.3V, dapat beroprasi dengan pasokan tengangan 9-24V. Lalu kenapa menggunakan Wemos? karena kita membutuhkan chip ESP8266 yang sudah bisa terintegrasi dengan WiFi, jadi kita dapat mengirimkan data ke twitter nantinya.

2. Sensor Ultrasonik HC-SR04


HC-SR04 adalah tipe sensor ultrasonik. Sensor ultrasonik adalah sensor yang biasanya digunakan dalam pengukuran suatu tinggi, panjang, maupun kedalaman. Ultrasonik sendiri biasa digunakan oleh kapal selam untuk melihat halang rintangan di kedalaman air. Sistem kerja sensor ini sama dengan ultrasonik yang digunakan di kapal, yaitu dengan cara memantulkan gelombang ultrasonik.

HC-SR04 dapae mengukur ketinggian non-kontak dari 2cm hingga 400cm, dengan akurasi jangkauan dapat mencapai 3mm. Modul ini meliputi pemancar ultrasonik, penerima, dan sirkuit kontrol.

Prinsip dasar sensor ini :

1.      Menggunakan pemicu I/O setidaknya sebesar 10us.

2.      Module ini memancarkan gelombang ultrasonik delapan kali dengan frekuensi 40kHz, dan mengecek apakah ada sinyal pulsa kembali.

3.      Jika sinyal pulsa kembali, melalui level tinggi, waktu I/O durasi tinggi adalah waktu dari mengirim ultrasonik untuk kembali.

 

Rumus dalam arduino :

 

S = waktu*0.034/2                              (2.1)

Ket :

S : jarak (cm)

waktu : waktu diambil dari berapa lama sinyal pulsa kembali ke sensor.

0.034 adalah kecepatan gelombang suara, 0,034 merupakan kecepatan gelombang suara yang telah diubah dalam bentuk cm/uS.[7]

 

Spesifikasi HC-SR04 :

      Tabel 2.1 Spesifikasi HC-SR04

Tegangan yang dibutuhkan

5V

Arus yang dibutuhkan

15Ma

Frekuensi yang dibutuhkan

40Hz

Jarak Maksimal

400 cm

Jarak Minimal

2 cm

Sudut Maksimal

15°

Trigger input signal

10us TTL pulse

Echo Output Signal

Masukan sinyal yang dipantulkan dan kisaran proposional

Ukuran

45*20*15mm


3. Sensor Hujan YL-83


Sensor hujan YL-83 adalah sensor yang dapat mendeteksi cuaca hujan apabila sensor terkena air, dan mendeteksi cuaca tidak hujan apabila sensor dalam keadaan kering. Sistem kerja sensor ini apabila sensor dalam keadaan basah, maka resistansi akan meningkat sehingga tegangan output menurun. Apabila dalam keadaan kering, maka resistansi akan menurun sehingga tegangan meningkat. Sensor ini memiliki dua komponen dimana satu adalah papan elektronik, papan ini berfungsi sebagai penghubung antara papan kolektor (untuk mendeteksi hujan atau tidak), dan kedua adalah papan kolektor. [8]



Tidak ada komentar:

Posting Komentar