Selasa, 13 Maret 2018

Perbandingan Kampus Swasta atau negeri? #AnakSMARecommended

Hello guys,,,
Kali ini gue pengen ngebahas masalah kuliah..
pernah ga sih kalian berfikiran setelah lulus SMA lu pada mau kuliah dimana?Negeri atau Swasta?

Sekolah itu lamanya 12 tahun, SD-SMP-SMA, semua kita laluin dengan sukacita, dan pas lo udah kelas 12, lo bakal bertanya-tanya " Nanti mau masuk PTN ATAU PTS?'

Ini bakal terjadi di semua pikiran anak-anak SMA. Contohnya ajalah gue hahaha☺☺, gue baru aja lulus, dari semua anak SMA, mungkin yang bakal milih swasta hanya persentase kecil saja.

1.Perguruan Tinggi Negeri (PTN)

Banyak orang bilang, masuk Universitas Negeri itu keren, dapet kerjanya cepet, terus biasanya kalo lagi main ke SMA lo biasanya kalo ditanya "Sekarang Kuliah Dimana?", dan lo bisa bangga jawab - " "Di Univ ...."anggaplah itu Negeri.
Kuliah di Negeri sering diminati siswa karena biaya negeri itu lebih murah dari PTS, selain itu kuliah di Negeri jg ya bisa dibilang bisa jadi famous lah hahaha.

Tapi kuliah di negeri itu ga gampang tembusnya. Masuk ke PTN itu ada 3 tahapan SNMPTN, SBMPTN ,UM (kalo Univnya Ngadain UM).
SNMPTN kita anggaplah itu hadiah buat kita kalo tembus *KALO TEMBUS. Temen gue banyak yang tembus di IPB, UNSIKA, UNSIL, UNSOED, dsb, gue?Engga selera gue ketinggian hahah..
Kalo ga tembus SNMPTN, santai masih ada SBMPTN, temen gue ada yang tembus juga tembus di beberapa Univ diatas, gue? Engga  selera gue juga masih tinggi hahaha
Terus ada UM, di semua Univ berbeda beda namanya,dan jadwalnya pun berbeda . Biasanya untuk mahasiswa yang tembus UM, biaya kuliahnya lebih mahal sedikit dari SBM maupun SNM

2.Perguruan Tinggi Swasta (PTS)

Kuliah di Universitas Swasta, biasanya bakal dianggap sebelah mata sama orang, kurang keren. Apalagi kalo lagi main ke SMA lo, pas ditanya kuliah dimana dan lu jawab PTS, orang itu diem aja gitu hahaha...

Perguruan Tinggi Swasta memiliki kelemahan di biaya, biaya PTS biasanya lebih mahal daripada PTN. Tapi kualitas mahasiswanya ya ga jauh beda lah sama negeri.

PTS ini juga banyak yang jadi favorit di kalangan umum, misalnya Universitas Gunadarma, Trisakti, dsb.







So... kuliah dimana aja sebenernya sama sih, tergantung kita bisa bersaing atau engga nantinya disana.
Selain itu saran aja sih, biaya harus diperhitungkan juga, kalau negeri biasanya kita ambil diluar daerah, pasti bakal banyak pengeluaran yang kita butuhin, misal untuk kos, makan, uang bensin, dsb.
Sedangkan untuk swasta, biasanya banyak ada di daerah masing-masing, jadi pengeluaran tidak terlalu besar. Kalau memang mau merantau ya silahkan tidak ada yang memaksa hahah...

Oke sekian saja dari gue, semoga info ini bisa berguna bagi reader ya....☺☺☺😏😏😏




Sumber : Rifqi Agung Hakim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar